KENDALA ORGANISASI

 



Organisasi dapat mendesak pembuat keputusan, mrnciptakan penyimpangan dari modelyang rasional. Sebagai contoh, manajer membentuk keputusannya untuk merefleksikan evaluasi kinerja organisasi dan sistem penghargaan, untuk memenuhinya dengan aturan formal organisasi, dan untuk bertemu secara terorganisir yang memaksakan kendala waktu.

1.      Evaluasi Kinerja

Manajer sangat terpengaruh oleh kriteria apa yang akan dievaluasikan pada mereka. Ketika manajer percaya tentang pabrik dibawah tanggung jawabnya beroperasi paling baik dan dia tidak mendengar apapun yang negatif, kita tidak perlu terkejut jika menemukan manajer pabriknya meluangkan waktu untuk memastikan bahwa informasi negatif tidak sampai kepadanya.

2.      Sistem Kompensasi

Sistem penghargaan dari organisasi mempengaruhi pembuat keputusan dengan menyarankan pilihan mana yang memiliki hasil personal yang lebih baik. Jika penghargaan organisasi berisiko, manajer akan membuat keputusan yang konservatif. Sebagai contoh, sejak tahun 1930an sampai pertengahan 1980an, General Motors secara konsisten memberikan promosi dan bonus kepada manajer yang low profile danmenghindari kontroversi. Mereka menjadi sangat mahir dalam menghindari issue yang berat dan melalui keputusan yang kontroversial dalam komitmen.

3.      Peraturan Baku

Semua organisasi, kecuali organisasi kecil, menciptakan aturan dan kebijakan untuk mengatur keputusan dan membuat individu bertindak sesuai dengan perilaku yang dimaksudkan. Mereka juga membatasi pilihan keputusan.

4.      Batasan Waktu Akibat Sistem

Hampir semua keputusan penting memiliki deadline yang jelas. Laporan pengembangan produk baru harus siap untuk rapat pada tanggal pertama setiap bulan. Kondisi seperti ini sering kali sulit bagi manajer untuk mengumpulkan semua informasi yabg harus mereka ketahui sebelum membuat keputusan akhir.

5.      Contoh Historis

Keputusan tidak dibuat dalam kekosongan, mereka dibuat dalam konteks. Keputusan pribadi adalah poin dari aliran pilihan. Keputusan yang dibuat di masa lalu seperti hantu yang membayangi dan menjadi kendala untuk pilihan keputusan yang sekarang. Penentuyang paling besar dari anggaran tahun ini adalah anggaran tahun lalu. Pilihan yang dibuat sekarang sebagian besar merupakan hasil dari pilihan yang dibuat bertahun-tahun.

Sumber : Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A, 2014, Organizational Behavior, 16th Edition, McGraw-Hill.

0 komentar:

Post a Comment