SUMBER EMOSI DAN SUASANA HATI

 


Beberapa pengaruh utama dalam emosi dan suasana hati

     1.      Kepribdian

            Misalnya: Bandingkan Ballmer dengan mudah  tergerak oleh emosi,insinyur perangkat lunak Mark Lucovsky melaporkan bahwa ketika ia mengatakan pada Ballmer bahwa ia menginggalkan Microsoft untuk pindah ke Google, Ballmer melemparkan kursi ke dinding dan marah. Zuckerburg, sebaliknya, dikenal tenanga dan tidak emosional. Ballmer dan Zuckerberg mungkin berbeda dalam intensitas afeksi, atau sebarapa kuat meraka merasakan emosi-emosinya. Orang yang intens secara afektif mengalami emosi positif maupun negative secara mendalam. Saat mereka sedih, mereka benar-benar sedih. Dan saaat mereka bahagi, mereka benar-benar bahagia.
     
      2.      Waktu dalam Hari

            Tingkat afeksi positif cenderung mencapai puncak pada akhir dan kemudian bertahan pada level tersebut sampai awal malam. Mulai sekitar 12 jam sudah bangun, afeksi positif mulai jatuh sampai tengah malam, dan kemudian, untuk yang tatap terjaga, penurunan itu meningkat samapai suasana hati positif naik lagi sesufah terbitnya matahari. Untuk afeksi negative, kebanyakan riset menyatakan ia berfluktuasi kurang dari afeksi positif, tetapi tren umumnya adalah  ia meningkat sepanjang hari, sehingga titik rendahnya pada awal pagi dan tertingginya pada akhir malam.
    
      3.      Hari dalam Minggu

            Orang Amerika Serikat, Jerman, Cina cenderunga mengalami afeksi positif tertinggai pada hari Jumat, Sabtu,  Minggu dan terrendah hari Senin. Msekipin demikian, Seperti di tetunjukan di Jepang, afeksi positif lebih tinggi pada hari Senin, dari pada hari Jumat maupunun Sabtu.

      4.      Cuaca

            Banyak orang percaya suasana hati dipengaruhi cuaca. Peneliti menunjukkan bahwa cuaca memiliki sedikit pengaruh pada suasana hati. Korelasi ilusi yang terjadi ketika kita mengasosiasikan dua peristiwa yang dalam kenyataan tidak memiliki hubungan, menjelaskan mengapa orang-oreng cenderung beranggapan bahwa cuaca yang baik meningkat sesuai hati mereka.

      5.      Steres

            Merupakan peristiwa harian yang memberi tekanan di tempat kerja secara negative memengarhui suasana hati.  Menumpuknya level stress dapat memperburuk suasana hat kita dan kita lebih megalami emosi-emosi negative.

      6.      Aktivitas Sosial

            Riset menyatakan aktivitas social yang bersifat fisik, informal, atau kuliner lebih kuat asosiasinya dengan kenaikan suasana hati positif dibandingkan peristiwa-peristiwa formal atau tidak aktif.

       7.      Tidur

           Angkatan kerja Amerika Serikat mayoritas dapat tidur kurang dari enam juta per malam. Kualitas tidur mempengarhui suasana hati dan keletihan yang meningkat menempatkan pekerja pada resiko kesehatan  yakni penyakit, luka, dan depresi.

      8.      Olahraga

            Riset menunjukkan bahwa olah raga meningkatkan  suasan hati positif orang. Efeknya paling besar dirasakan oleh mereka yang depresi. Jadi latihan fisik mungkin membantu menempatkan suasana hati yang lebih baik, tetapi jangan mengharapkan keajaiban.

       9.      Umur

           Suatu studi terhadap orang-orang dengan umur 18-94 tahun mengungkapakan bahwa emosi-emosi negative tampaknya terjadi lebih sedikit  seiring bertambanya usia. Perode suasana hati positif yang tinggi petahan lebih lama bagi individu-individu berumur, dan suasana hati buruk menghilang dengan cepat.

      10.  Jenis Kelamin

            Wanita lebih ekspresif sacara emosional daripada pria. Mereka menalami emosi lebih intens, mereka leih cenderung berada pada emosi tertentu lebih lama daripada pria, dan mereka lebih sering menampilkan emosi baik emosi positif maupun negative, keucuali amarah.

EMOSI PEKERJA

Emosi pekerja (emotional laor) adalah sebuah situasi di mana seorang pekerja menampilkan emosi yang diinginkan organisasi selam transaksi-transaksi interpersonal di tempat kerja.
Disonansi emosi (emotional dissonance) merupakan inkonsistensi antara emosi yang dirasakan orang dan emosi yang mereka tampilkan.
Emosi yang dirasakan (felt emotion) emosi actual individu.
Emosi yang ditampilkan (displayed emotion) merupakan emosi yang dituntut oleh organisasi untuk ditunjukkan oleh pekerja dan dianggap pantas untuk pekerjaan itu.
Acting permukaan (surface acting) ialah menyembunyikan perasaan di dalam dan menyembunyikan ekspresi emosional sebagai responsatas atas peraturan.

Sumber : Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A, 2014, Organizational Behavior, 16th Edition, McGraw-Hill.

1 comment:

  1. Izin ya admin..:)
    Yuk dapatkan hadiah ny dengan modal 20rb saja sudah bisa menikmati semua permainan poker di ARENADOMINO loh yuk langsung saja.. WA +855 96 4967353

    ReplyDelete