Kreativitas, Pengambilan Keputusan Kreatif, dan Inovasi dalam Organisasi


Meskipun model pengambilan keputusan rasional akan sering memperbaiki keputusan, seorang pengambil keputusan juga membutuhkan kreativitas, kemampuasn untuk menghasilkan ide-ide yang inovatif dan berguna. Ide-ide ini berbeda dari apa aja yang telah dilakukan sebelumnya tetapi pantas untuk masalahnya.
Kreativitas membuat pengambilan keputusan untuk secara penuh menilai dan memahami masalah, termasuk melihat masalah yang tidak dapat dilihat orang lain. Meskipun semua aspek dari perilaku organisasi memiliki kompleksitas, hal itu sangat benar adanya untuk kreativitas.

Perilaku Kreatif
Perilaku kreatif terjadi dalam empat langkah, yang masing-masing mengarah pada yang berikutnya:
1.    Formulasi Masalah
Setiap tindakan kreativitas dimulai dengan masalah yang memunculkan perilaku dirancang untuk memecahkannya. Oleh karena itu, formulasi masalah didefinisikan sebagai tahapan perilaku kreatif dimana kita mengidentifikasi sebuah masalah atau peluang yang membutuhkan solusi yang belum diketahui.
2.    Pengumpulan Informasi
Dengan adanya masalah, solusinya jarang ada sekali ditangan. Kita membutuhkan waktu untuk belajar lebih dan memproses pembelajaran itu. Oleh karena itu, pengumpulan informasi adalah tahapan perliaku kreatif ketika solusi-solusi yang mungkin atas masalah diinkubasi dalam pikiran individu.
3.    Pemunculan Ide
Jika kita telah mengumpulkan informasi yang relevan, saatnya untuk mentransisikan pengetahuan menjadi ide-ide. Oleh karena itu, pemunculan ide adalah proses perilaku kreatif di mana kita mengembangkan solusi-solusi yang mungkin atas sebuah masalah dari informasi dan pengetahuan yang relevan. Semakin meningkat, pemunculan ide bersifat kolaboratif.
4.    Evaluasi Ide
Terakhir, saatnya memilih ide-ide yang dimunculkan. Oleh karena itu, evaluasi ide adalah proses perilaku kreatif dimana kita mengevaluasi solusi-solusi potensial untuk mengidentifikasi yang terbaik. Kadang-kadang metode memilih bisa jadi inovatif.

Sumber : Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A, 2014, Organizational Behavior, 16th Edition, McGraw-Hill.

0 komentar:

Post a Comment