APAKAH YANG DIMAKSUD PERSEPSI?



Persepsi adalah sebuah proses individu yang mengorganisasikan dan mengintepretasikan kesan sensoris untuk memberikan pengertian pada lingkungannya. Sesuatu yang kita nilai bisa saja berbeda secara substansial dengan realita nya. Persepsi adalah sebuah hal yang penting karena berperan pada membentuk perilaku-perilaku orang-orang dalam organisasi tersebut yang menilai realita yang ada. 


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERSEPSI 

  1. Sejumlah faktor membentuk dan kadang-kadang menggangu persepsi.Penilai, pada objek atau target yang dinilai , atau pada situasi dimana itu dibuat. Sebagai contoh ketika anda melihat sebuah target, interpretasi anda tentang apa yang anda lihat dipengaruhi oleh karakteristik-karakteristik pribadi anda seperti sikap, kepribadian, motif, minat, pengalaman masa lampau, dan ekspektasi. Misalnya, jika anda mengharapkan petugas polisi agar otoritatif, anda mungkin menilai mereka demikian, tanpa memandang sifat-sifat yang sebenarnya. 
  2. Target, karakteristik dari target juga mempengaruhi apa yang kita nilai. Sebagai contoh, orang-orang yang berisik mungkin lebih disadari daripada yang pendiam. Hal itu juga berlaku pada mereka yang sangat menarik dan tidak menarik. Oleh karena missal kita tidak melihat target dalam isolasi, hubungan antara sebuah target dan latar belakangnya memengaruhi persepsi, sebagaimana kecendrungan kita untuk mengelompokan hal-hal yang dekat dan mirip bersama-sama.



 

Sumber : Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A, 2014, Organizational Behavior, 16th Edition, McGraw-Hill.

0 komentar:

Post a Comment