Komunikasi yang Persuasif

1.     Pemrosesan yang Otomastis dan Dikendalikan
Automatic and  Controlled  Processing  (Pengolahan otomatis dan terkendali) adalah salah satu cara yang dilakukan dalam mempromosi suatu barang yang membuat kita tertarik terhadap suatu barang karena sebuah iklan yang menarik atau kemasannya menarik bagi kita bukan karena manfaat Karena pengetahuan kita yang dangkal dan lebih mudah untuk mengikuti promosi atau iklan yang lebih menarik perhatian kita.
2.     Interest Level  (tingkat ketertarikan
Proses bagaiamana seseorang bisa menerima pesan persuasive yang sesuai dengan ketertarikan orang itu sendiri.
3.     Prior Knowledge (Pengetahuan sebelumnya)
Seseorang yang sudah memiliki pemikiran sendiri dari berbagai argumen dalam melakukan suatu aksi/tindakan tertentu. Tidak akan gampang mengubah/mempengaruhi pemikirannya kecuali ada alasan yang bijaksana yang bisa diterima dan dianggap masuk akal. Disisi lain orang yang kurang informasi tentang topic gampang dengan mudah berubah pikiran. Bahkan didalam argument yang kurang akurat sekalipun.
4.     Personality (kepribadian)
Ada 2 jenis kepribadian orang yaitu Kebutuhan lebih akan kognisi dan rendahnya kebutuhan akan kognisi. Tinggi kebutuhan akan kognisi hanya membutuhkan bukti dan fakta-fakta, sedangkan yang kurang kebutuhannya akan kognisi lebih cenderung menggunakan proses otomatis (gampang terpengaruh), mengandalkan intuisi dan memadu evaluasi mereka dengan maksud pesan persuasif
5.     Message Characteristic (Kareakteristik pesan)
Kebanyakan pesan yang dibuat relative ramping sehingga penyampaian isi pesan kurang dapat dipahami.

Sumber : Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A, 2014, Organizational Behavior, 16th Edition, McGraw-Hill.


Related Posts:

  • Memilih Metode KomunikasiPermasalahan ketika memilih e-mail :a.  Resiko kesalahan dalam menginterpretasikan pesan. Jika mengirim sebuah pesan, pastikan untuk membaca kemb… Read More
  • MODE KOMUNIKASI 1. Komunikasi Lisan Pidato, diskusi formal satu-satu dan diskusi kelompok, serta rumor secara informal atau kabar selentingan merupakan ben… Read More
  • Hambatan-Hambatan pada Komunikasi yang Efektif Terdapat sejumlah hambatan pada saat berkomunikasi yang efektif,  Penyaringan   Penyaringan (filtering) mengacu pada tujuan memanipul… Read More
  • Memilih Metode KomunikasiPermasalahan ketika memilih e-mail :a.  Resiko kesalahan dalam menginterpretasikan pesan. Jika mengirim sebuah pesan, pastikan untuk membaca kemb… Read More
  • KOMUNIKASI Berkomunikasi lebih dari sekedar menyampaikan sebuah makna, tetapi makna tersebut harus dapat dimengerti. Jika salah satu anggota kelompok yang … Read More

0 komentar:

Post a Comment