1. Pemrosesan
yang Otomastis dan Dikendalikan
Automatic and Controlled
Processing (Pengolahan otomatis dan
terkendali) adalah salah satu cara yang dilakukan dalam mempromosi suatu barang
yang membuat kita tertarik terhadap suatu barang karena sebuah iklan yang
menarik atau kemasannya menarik bagi kita bukan karena manfaat Karena pengetahuan
kita yang dangkal dan lebih mudah untuk mengikuti promosi atau iklan yang lebih
menarik perhatian kita.
2. Interest
Level (tingkat ketertarikan
Proses bagaiamana seseorang bisa
menerima pesan persuasive yang sesuai dengan ketertarikan orang itu sendiri.
3. Prior
Knowledge (Pengetahuan sebelumnya)
Seseorang yang sudah memiliki pemikiran
sendiri dari berbagai argumen dalam melakukan suatu aksi/tindakan tertentu.
Tidak akan gampang mengubah/mempengaruhi pemikirannya kecuali ada alasan yang
bijaksana yang bisa diterima dan dianggap masuk akal. Disisi lain orang yang
kurang informasi tentang topic gampang dengan mudah berubah pikiran. Bahkan
didalam argument yang kurang akurat sekalipun.
4. Personality
(kepribadian)
Ada 2 jenis kepribadian orang yaitu
Kebutuhan lebih akan kognisi dan rendahnya kebutuhan akan kognisi. Tinggi
kebutuhan akan kognisi hanya membutuhkan bukti dan fakta-fakta, sedangkan yang
kurang kebutuhannya akan kognisi lebih cenderung menggunakan proses otomatis
(gampang terpengaruh), mengandalkan intuisi dan memadu evaluasi mereka dengan
maksud pesan persuasif
5. Message
Characteristic (Kareakteristik pesan)
Kebanyakan pesan yang dibuat relative
ramping sehingga penyampaian isi pesan kurang dapat dipahami.
Sumber : Robbins, Stephen P & Judge, Timothy
A, 2014, Organizational Behavior, 16th Edition, McGraw-Hill.
0 komentar:
Post a Comment