Cara Menjawab Kelebihan

Cara Menjawab Kelebihan - manajemenmudah

 

Kalau Anda telah melalui belasan bahkan puluhan wawancara kerja untuk mendapatkan pekerjaan impian, pasti Anda sudah akrab dengan pertanyaan, “Ceritakan tentang kelebihan dan kekurangan,” saat wawancara kerja. Pertanyaan ini mengecoh.

Mungkin Anda bingung, haruskah dijawab dengan jujur? Misalnya seperti: “Kelebihan saya adalah punya selera humor yang bagus, tidak merokok, dan mudah bergaul. Sedangkan kekurangan saya adalah saya sering terlambat dan mudah bosan.” Atau haruskah menjawab seperti ini: “Saya pekerja keras, logis, dan senang menganalisis. Sementara kekurangan saya adalah terlalu perfeksionis dan kadang bekerja sampai tidak ingat waktu.” Jawaban pertama terdengar sangat jujur, namun mungin membuat Anda gagal mendapat pekerjaan. Jawaban kedua terdengar bagus, namun suatu hari bisa menjadi bumerang ketika tidak terbukti. Jawaban kedua juga menunjukkan kalau Anda tidak mampu mengukur dan mengenali diri sendiri.


Cara menjawab kelebihan

1. Kaitkan kelebihan dengan pekerjaan yang dilamar


Selalu kaitkan pertanyaan dengan posisi yang Anda lamar. Misalnya jika Anda melamar untuk posisi wartawan, maka Anda bisa menyinggung soal kemampuan menulis, bisa bekerja di bawah tekanan, terbiasa dengan deadline, dan punya koneksi yang luas.

2. Kaitkan kelebihan dengan visi dan misi perusahaan


Katakanlah Anda menyebutkan inovatif sebagai salah satu kelebihan. Saat Anda wawancara di sebuah perusahaan dekorasi untuk pernikahan, Anda bisa menjelaskan konsep-konsep terbaru untuk menggaet klien.

3. Mampu memberikan contoh konkret dari setiap kelebihan

Agar pewawancara lebih yakin, Anda harus benar-benar menunjukkan kelebihan yang Anda sebutkan.
Hal ini juga menunjukkan kalau Anda sungguh-sungguh dan penuh persiapan. Ketika Anda menyinggung kemampuan menulis, bawalah portofolio berupa contoh tulisan.

sumber : hrconsultingsetia.com

0 komentar:

Post a Comment