4 Bauran Pemasaran atau Marketing Mix

 

4 Bauran Pemasaran atau Marketing Mix - manajemenmudah

Konsep Marketing Mix di kenalkan oleh Neil Borden yang terinspirasi oleh Gagasan James Cullington. Marketing Mix atau juga disebut dengan  bauran pemasaran merupakan suatu rangkaian tindakan, atau strategi yang digunakan oleh sebuah perusahaan atau pelaku bisnis untuk mendapatkan respon yang dinginkan dari tarket pasar dalam mempromosikan jasa atau produk yang mereka jual di pasar.

 

Konsep Marketing Mix 4P

1. Product (Produk)


Menentukan Produk yang dibutuhkan atau diinginkan oleh pasar adalah penting. Produk merupakan sesuatu yang dapat dijual oleh sebuah perusahaan baik itu berbentuk jasa, layanan, barang, atau produk digital. Ketika mengembangkan sebuah produk, sobat perlu memastikan terlebih dahulu apakah produk tersebut diinginkan atau dibutuhkan oleh pasar atau tidak. Selain itu, produk yang sobat jual juga harus bisa memberi solusi untuk masalah yang dihadapi oleh target konsumen sobat.

2. Price (Harga)

Menentukan besarnya harga yang bersaing di pasar penting untuk dipertimbangkan dalam marketing mix. Price atau harga adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh target konsumen untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Harga yang ditetapkan tergantung dari nilai produk yang dapat dirasakan oleh konsumen. Ketika produk memiliki harga yang rendah, maka produk dapat digunakan oleh lebih banyak konsumen, sedangkan harga yang tinggi akan menarik pelanggan yang mencari eksklusivitas.

Pada dasarnya, harga yang ditetapkan harus lebih tinggi dari biaya produksi sobat. Hal tersebut perlu sobat perhatikan karena konsep price ini akan menentukan keuntungan dan kelangsungan bisnis sobat. Selain itu, harga yang sobat tentukan juga akan mempengaruhi persepsi konsumen mengenai produk sobat.

3. Place (Tempat)
 

Menentukan tempat juga memperhatikan bagaimana kemudahan pasar mendapatkan produk. Place mengacu pada lokasi dimana konsumen dapat menemukan, menggunakan, mengakses atau membeli produk yang disediakan. Selain berbentuk lokasi fisik seperti toko, kantor, pabrik, atau gudang, saat ini unsur place juga dapat berbentuk digital seperti media sosial, marketplace, website, dan lain-lain. Ketika menentukan lokasi, sobat harus memikirkan dimana pelanggan sobat berada. Jika sobat menjualnya secara digital, maka pikirkan platform apa yang sering digunakan oleh target pelanggan sobat.

4. Promotion (Promosi)


Penting pasar mengetahui produk dan apa yang ditawarkan dari produk untuk pasar ketahui. Setelah sobat menentukan product, price, dan place, sekarang adalah saatnya untuk menerapkan strategi promosi. Promotion atau promosi adalah cara untuk mempromosikan produk sobat agar dapat menjangkau target market sehingga menghasilkan penjualan.

Promosi dapat sobat menggunakan katalog, papan reklame, brosur, iklan TV, dan lain-lain. Namun karena perkembangan teknologi, banyak perusahaan yang memilih untuk menggunakan strategi promosi digital yaitu dengan menggunakan media sosial, website, iklan pay per-click, atau yang lain.

0 komentar:

Post a Comment