Cara Menjawab Kekurangan

Cara Menjawab Kekurangan -  manajemenmudah



Mendiskusikan soal kekurangan lebih sulit daripada mendiskusikan kelebihan. Ketika Anda disuruh menjawab kekurangan dan kelebihan, usahakan jawab kekurangan lebih dulu baru kelebihan agar meninggalkan kesan positif. Ini trik cara menjawabnya.

1. Otentik


Beri jawaban otentik, bukan generik. Jawaban otentik membuat Anda dipercaya sehingga lebih mudah dibahas. Ketika Anda berbohong, Anda harus menambal dengan kebohongan lebih canggih supaya terdengar meyakinkan bukan?
Misalnya Anda bisa menjawab kalau selama ini lebih fokus pada hal besar daripada hal kecil. Hal ini menyebabkan Anda sering melewatkan detail-detail kecil.

2. Pastikan kelemahan tidak berefek buruk pada pekerjaan

Pilih kelemahan yang tidak berhubungan langsung dengan performa kerja, tidak bertentangan dengan visi misi perusahaan, dan tidak menjatuhkan harga diri Anda. Misalnya jangan bahas kalau Anda tidak sabaran padahal posisi yang Anda lamar adalah sebagai costumer service.

Kalau Anda melamar sebagai akuntan, maka Anda bisa menjawab public speaking sebagai kelemahan. Selama Anda pandai soal angka, kelemahan ini tidak menjatuhkan nilai Anda di mata pewawancara. Harus diingat, jangan terlalu memandang rendah diri sendiri. Pewawancara akan menganggap Anda tidak mampu mengapresiasi kelebihan diri.

Akhiri dengan memberikan solusi

Ketika Anda merasa buruk setelah menceritakan kekurangan, jangan khawatir karena Anda tetap bisa mengakhiri sesi wawancara dengan baik. Ceritakan langkah-langkah apa yang Anda usahakan untuk memperbaiki kekurangan.

Mari simak lagi situasi yang sudah disebutkan sebelumnya. Misalnya Anda melamar sebagai akuntan dan lemah dalam public speaking. Anda bisa bilang seperti ini:
“Saya sadar tidak terlalu pandai dalam public speaking. Karenanya, saya selalu meluangkan waktu untuk berlatih sebelum berbicara di depan umum. Saya akan membuat catatan kecil supaya tidak gugup dan akhirnya lupa dengan apa yang harus saya katakan.” Nah, sekarang Anda sudah mengetahui triknya. Semoga berhasil

sumber : hrconsultingsetia.com

0 komentar:

Post a Comment