Langkah Going Global


Bagaimana langkah-langkah para perusahaan untuk menembus pasar global. Pastinya menarik. Secara umum menurut buku global chaser ada lima tahap yang harus dilakukan perusahaan dalam melakukan ekspansi ke pasar global. Lima tahap ini merupakan proses yang umum dijalankan oleh perusahaan.

1. Knowing international business

Ini merupakan langkah dasar untuk memetakan kapasitas bisnis, orang-orang yang akan ditugaskan dan terlibat, nilai-nilai perusahaan, dan potensi bisnis yang akan dikejar. Sebelum melakukan ekspansi keluar mutlak bagi perusahaan untuk menganalisis kapabilitas diri terlebih dahulu. Lalu, perusahaan memahami lingkungan budaya masyarakat setempat.”Every companies must be began (and end) by thinking locally.  Maksudnya bahwa selain menetahui aspek sterategis dan teknis dalam ekspansi pasar, perusahaan harus benar-benar mengetahui budaya masyarakat setempat sehingga produk mereka bisa melokal sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

2. Identifying and understanding the market

Setiap perusahaan yang melakukan ekspansi global wajib memahami pasar yang akan dituju dan konsumen yang disasarnya. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkata kecocokan produk atau layanan yang dimiliki untuk melayani pasar dan konsumen baru itu. Pada karakteristik pasar, bisa mengidentifikasi melalui tingkat kompetisi dan produk dengan calon pesaing, infrastruktur jaringan distribusi yang ada, bahasa yang digunakan, dan lain-lain.

3. Creating businsess plan and entry strategy

Ada beberapa pertanyaan penting dalam tahap ini yang akan  menjadi panduan bagi perusahaan untuk melakukan ekspansi global. Pertanyaannya adalah, 

1) Bisnis modal apa yang akan diadopsi untuk pasar internasional?
2) Entry Strategy apa yang akan dilakukan?
3) Bagaimaan produk harus comply pada regulasi di negeri tujuan?
4) Apakah perusajaan harus menciptakan layanan konsumendi pasar luar               negeri?
5) Bagaimanan menciptakan teknik pemasaran dan penjualan yang sesuai             dengan kondisi masyarakat local?

4. Finding and evaluating the people

Mencari telenta global yang dibutuhkan oleh perusahaan. Biasanya keterampilan dasara yang harus dimiliki adalah great sales skill, katerampilan terhadap pasar global, kemapuan bahasa, kesadaran lintas budaya, keterampilan berkomunikasi, dan lain-lain. 

Ada tiga talenta yang harus dicari, yakni
1) Dari internal perusahaan (internal team)
2) Dari luar perusahaan (outside resource team), dan
3) Talenta dari local (local team)

Secara internal perusahaan haurs jeli mencari telenta yang memenuhi kriteria itu diberbagai level. Kemudian, kemudian perusahaan bisa mempekerjakan pihak luar eksternal untuk pekerjaan-pekerjaan khusus di negeri tujuan seperti hokum, manajemen eksport, banker, dll. yang tak kalah penting adalah tenaga kerja dari daerah asal yang mengetahui berbagai aspek kelokalan di negaranya.

5. Think local, act local

Meskipun kita hidup di tengah dunia yang saling terkoneksi, tetapi tak serta-merta kita menjadi global citizen. Kita tetap akan sangat melokal. Pada perinsip kelima ini, perusahaan harus perpikir dan bertindak melokal sesai dengan kondisi di Negara tujuan. Strategi melokal adalah point of differentiation yang ampuh bagi perusahaan yang beroperasi dibanyak Negara.

0 komentar:

Post a Comment