2. Menetapkan Langkah-Langkah atau Bidang Kegiatan


Agar pelaksanaan suatu keputusan berjalan secara efektif mencapai sasaran yang diinginkan dan efisin mengalokasiak sumber daya, perlu dibuatkan rencana yang baik. Salah satu tahapan dalam membuat rencana adalah menentukan langkah-langkah atau bidang kegiatan. Artinya jika langkah atau bidang kegiatan ini dilaksanakan, maka sasaran yang kita buat bisa lebih mudah dalam mencapainya.

Dalam menentukan langkah-langkah atau bidang kegiatan hendakanya dibuat berdasarkan urutan kegiatan atau jadwal kegiatan. Selain itu bidang-bidang kegiatan juga dibuat berbentuk kelompok kegiatan yang memiliki kemiripan atau berhubungan dekat dalam proses pelaksanaannya. Misalnya: berdasarkan daerah, departemen, bagian, seksi, atau devisi.

Langkah-langkah kegiatan berbentuk urutan kegiatan atau jadwal kegiatan. Saya akan memberikan contoh yang sama dengan artikel sebelumnnya yaitu tentang Festival Makanan Tempoe Doeloe, berikut merupakan langkah-langkahnya adalah: 

1. Menetapkan Kepanitiaan
2. Perizinan Lokasi
3. Memesan Hotel
4. Menyeberkan Sponsorship
5. Mempersiapkan Perlengkapan
6. Menghubungi Bintang Tamu
7. Menghubungi Group Band Hiburan
8. Publikasi via Online dan Offline Melalui Media Cetak dan Elektronik
9. Membuka Pendaftaran Stand Bazar
10. Menghubungi pihak Kemaanan POLDA Semarang
11. Menghubingi Pejabat Jawa Tengah dan Campus
12. Mengundang Pers
13. Acara Festival Makanan Tempoe Doeloe
14. Evaluasi Kegiatan

Sementara salian jadwal di atas dibuat juga bidang-bidang kegiatan berbentuk kelompok kegiatan, misalnya daerah, departemen, atau divisi. Dengan contoh yang sama agar lebih mudah dalam pemahamannya digunakan contoh yang sama dengan yang di atas dan seperti artikel sebelumnya yaitu Festival Makanan Tempoe Doeloe berikut bidang-bidang yang dibentuk:

1. Kepanitiaan
2. Bendahara
3. Sie Acara
4. Sie Publikasi
5. Sie Sponsorship
6. Sie Dokumentasi
7. Sie Dekorasi
8. Sie Perlenkapan

Biasanya, untuk kegiatan yang sifatnya jangka pendek, maka akan pilih langkah langkah, sedangkan untuk kegiatan yang sifatnya jangka panjang, lebih mudah digunakan bidang-bidang kegiatan yang berbentuk kelompok.

Tahap selanjutnya adalah dengan menentukan mangidentifikasi daerah kritis

0 komentar:

Post a Comment