5. Mengidentifikasi Sebab Persoalan Potensial


Untuk memulai langkah pertama mengidentifikasi persoalan-perosalan potensial yang talah teridentifikasi adalah mengupayakan tindakan pencagahan agar persoalan potensial itu tidak terjadi. Pencagahan bisa dilakaukan jika bisa menghilangkan penyebab munculnya persoalan potensial. Oleh karena itu, langkah selanjutnya ialah mengidentifikasi sebab yang memungkingkan munculnya persoalan potensial.

Seperti pada idetifikasi perosalan potensial, identifikasi sebab juga memerlukan orang yang berpengalaman menjalankan bidang kegiatan yang bersangkutan. Pertama identifikasi semua kemungkinan sebab. Carilah sebeb yang langsung mengakibatkan munculnya persoalan potensial. Namun demikian perlu juga diidentifikasi sebab yang mendasar.Sebagai contoh, sebab terjadinya kebakaran adalah adanya puntung rokok yang masih menyala mengenai benda yang mudah terbakar. Namun perlu diamatai lebih lanjut, mengapa bisa ada putung rokok di daerah tersebut? Puntung rokok muncul pasti ada seseorang yang merokok. Mengapa di sana ada yang merokok? Karena tidak ada tanda larangan merokok.  Pada contoh kasus kebakaran, penyebab langsung munculnya persoalan potensial adalah puntung rokok. Namun, untuk bisa dilakukan tindakan pencegahan perlu mengetahui penyebab yang mendasar, yaitu tidak adanya tanda larangan merokok. 

Lebih lanjut, setelah sebab-sebab munculnya persoalan potensial diidetifikasi maka perlu juga diidentifikasi tingkat kemungkinan menjadi penyebab munculnya perosalan potensial.  Bayangkan, seandinnya persoalan potensial itu terjadi, dari sekian banyak kemungkinan sebab, mana yang paling memungkinkan menjadi penyebabnya dan mana yang kemungkinannya kecill untuk menjaddi penyebabnya. Berilah tanda huruh T, apabila sebab yang kemungkinan menjadi penyebab munculnya persoalan potensial tinggi. Berilah tanda hurug S, apabila sebab yang kemungkinan menjadi penyebab munculnya persoalan potensial sedang. Dan apabila sebeb yang kemungkinan menjadi penyebab munculnya persoalan potensial rendah maka berilah tanda huruh R.

Berikut table untuk mengidentifikasi sebab persoalan potensial

Perosalan Potensial
Sebeb
Kemungkinan Terjadinya Sebab




Mengidentifikasi Sebab Persoalan Potensial bisa memperhatikan hal-hal berikut ini
1. Gunakan pengetahuan dan pengalaman
2. Untuk membantu menentukan tindakan yang bersifat mencagah munculnya sumber-sumber persoalan potensial
3. Rumuskan sebab sespesifik mungkin
4. Identifikasi tingkan kemungkian terjadinya sebab

Contoh untuk table ini bisa dilihat pada lembar pengendalian 

0 komentar:

Post a Comment