GLOBAL CHASER MODEL


Hari ini kami akan membahas tetang Global Chaser Model. Apa sih itu Global Chaser Model? Sumber dari buku Global Chaser dengan penulis Yuswohady.

Model ini menggunakan dua para meter. Parameter yang pertama sebagai sumbu vertical adalah kemampuan perusajaam dalam mengembangkan rantai aktivitas (global activity-chain). Semakain banyak atau tinggi aktivitas operasinya perusahaan dilakukan di luar negeri maka perusahaan memeiliki global activity –chain yang tinggi pula. Parameter yang kedua sebagai sumbu horizontal adalah untuk mencerminkan kemampuan perusahaan dalam melakukan penyesuaian produk dan atau layanan dengan mengikuti kondisi dan karakteristik pasar di negara lain yang menjadi target pasar perusahaan (global customization). Maksudnya Perusahaan yang mempunyai global customization yang tinggi ketika perusahaan itu mampu menyesuaikan produk dan layannya dengan mengikuti pasar dari negara tujuan yang ditargetkan. 

Melalui dua parameter yang sudah dijelaskan tadi, maka bisa menetapkan Global Chaser  menjadi empat posisi strategis yaitu: Export Co., OEM Co., Global Co., dan Glocal Brand.



 

Export Co. adalah Global Caser yang memiliki dua parameter yang rendah yakni global activity chain mau pun global customization yang rendah


OEM Co. (Original Eguipment Manufacture) adalah Global Chaser yang memiliki global activity-chain yang terbatas tapi memiliki kemampuan untuk melakukan global customization yang cukup baik.


Global Co. adalah Global Chaser yang memiliki global activity-chain yang tinggi, akan tetapi produk dan atau layanan dari perusahaan cenderung standar atau bisa dibilang memiliki global customization yang masih terbatas.

Glocal Co. adalah Global Chaser yang memiliki dua parameter yang cukup baik yaitu global activity-chain maupun global customization yang cukup baik.

0 komentar:

Post a Comment