Tingkatan Produk




Setelah kita mengetahui pengertian produk pada artikel sebelumnya, selanjutnya di artikel ini akan menjelaskan tentang tingkatan-tingkatan produk dari beberapa pakar.

Anda perlu tahu bahwa ternyata produk memiliki tingkatan, seperti apa tingkatan itu? Mari baca lebih lanjut artikel ini.

Berikut tingkatan produk menurut William J. Staton yang menyatakan terdapat lima tingkatan produk yang meliputi

  1. Manfaat inti (core benefit), adalah jasa atau manfaat inti yang sesungguhnya dibeli atau diperoleh oleh konsumen, misal hotel manfaat sesungguhnya adalah memberikan konsumen tempat istirahat dan tidur.
  2. Manfaat dasar tambahan (generic product), yaitu pada inti produk terdapat manfaat-manfaat tambahan yang diperoleh oleh konsumen, misalkan hotel sebagai tempat istirahat dan tidur terdapat meja dan terdapat panggangan roti, alat musik, dan fasilitas yang lain.
  3. Harapan dari produk (expected product) merupakan serangkaian kondisi yang diharapkan dan disenangi yang dimiliki atribut tersebut, misalkan dalam ruangan hotel terdapat seprai, sabun, dan handuk yang bersih serta terdapat alat angkutan yang mudah dihubungi.
  4. Kelebihan yang dimiliki produk (augmented product) artinya salah satu manfaat dan pelayanan  yang dapat membedakan produk tersebut dengan produk pesaing  lain. Misalkan dalam hotel terdapat televisi, kulkas kecil, dan AC yang tidak dimiliki pesaing.
  5. Masa depan potensi produk (potential product) adalah bagaimana harapan masa depan produk tersebut jika terjadi perubahan dan perkembangan teknologi dan selera konsumen, misalkan hotel perlu diinovasi dengan peralatan canggih serta dikombinasikan dengan dengan peralatan yang bersifat tradisional.



Selain itu juga ada pendapat lain dari Theodore Levitt yang mengenai total produk, bahwa produk yang ditawarkan dapat terdiri atas 4 unsur,

  1. Produk inti atau generik (core or generic product)
  2. Produk yang diharapkan, terdiri atas produk inti sekaligus pertimbangan keputusan pembelian minimal yang harus dipenuhi (expected product)
  3. Produk tambahan (augmented product)
  4. Produk potensial (potential product) dimana tampilan dan tambahan yang berguna bagi konsumen atau mungkin menambah kepuasan konsumen.
Nahh... itu artikel di atas telah menjelaskan tingkatan produk dari parah ahli. semoga informasi ini bermanfaat bagi kita, jika salah mohon maaf dan mohon diperbaiki.

Terima kasih



1 comment:

  1. Izin ya admin..:)
    Yuk dapatkan hadiah ny dengan modal 20rb saja sudah bisa menikmati semua permainan poker di ARENADOMINO loh yuk langsung saja.. WA +855 96 4967353

    ReplyDelete