Jajak Pendapat




Akhirnya setelah peramalan kualitatif untuk permintaan sebelumnya sekarang dilanjutkan dengan peramalan kualitatif permintaan  berdasarkan jajak pendapat. Artikel selanjutnya yang masih ada hubungannya dengan peramalan kualitatif adalah peramalan dengan berdasarkan meminta perspektif luar negeri. Perusahaan dapat meramalkan penjualannya melalui pendapat para pakar di dalam dan di luar perusahaan. Ada beberapa teknik jajak pendapat untuk meramalkan permintaan.
1.       Jajak Pendapat Eksekutif.  Perusahaan dapat mengumpulkan pendapat para manajer tingkat atas dari bagian penjualan, produksi, keuangan, dan personalia mengenai pandangan mereka tentang masa depan penjualan dari perusahaan selama kuartal atau tahun yang akan datang. Walaupun pandangan-pandangan pribadi lebih banyak bersifat subjektif, namun dengan mengambil rata-rata pendapat para pakar yang sangan mengenal perusahaan dan produk-produknya, perusahaan berharap dapat sampai pada peramalan yang lebih baik dari pendapat yang disampaikan ole para pakar tersebut secara individu. Para pakar pemasar dari luar dapat juga dikumpulkan pendapatnya. Untuk menghindari efek kereta atau bandwagon effect (di mana pendapat beberapa pakar dipengaruhi oleh tokoh dominan diantara mereka) maka dapat digunakan apa yang dinamakan dengan metode Delphi (Delphi Method). Di sini, para pakar diminta pendapatnya secara terpisah, kemudian diberikan umpan balik tanpa mengidentifikasi pakar yang bertanggung jawab atas pendapat tertentu. Melalui prosedur umpan balik diharapkan para pakar dapat sampai kepada peramalan yang disepakati.
 
2.       Jajak pendapat tenaga penjualan. Ini adalah peramalan penjualan dari perusahaan di tiap daerah pada setiap produk. Peramalan ini didasarkan pada pendapat tenaga penjualan yang ditugaskan di lapangan oleh perusahaan. Mereka adalah orang-orang yang paling dekat dengan pasar, dan pendapat mereka mengenai menjual di masa mendatang dapat memberikan informasi berharga bagi manajemen puncak perusahaan.
 
3.       Jajak pendapat tentang keinginan konsumen. Beberapa perusahaan yang menjual mobil, mebel, alat-alat rumah tangga, dan barang-barang tahan lama lainnya kadang-kadang mengumpulkan pendapat para pembeli potensial mengenai apa yang ingin dibeli. Dengan menggunakan hasil jajak pendapat itu, perusahaan dapat meramalkan penjualannya secara nasional untuk tingkat yang berbeda-beda  dari pendapat yang dikeluarkan konsumen yang bisa disediakan pada masa depan.

Sumber  : Dominick Salvatore. 2005. Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian Global edisi 5. Jakarta: Salemba Empat

1 comment:

  1. Izin ya admin..:)
    Yuk dapatkan hadiah ny dengan modal 20rb saja sudah bisa menikmati semua permainan poker di ARENADOMINO loh yuk langsung saja.. WA +855 96 4967353

    ReplyDelete