Akhirnya setelah peramalan kualitatif untuk permintaan
sebelumnya sekarang dilanjutkan dengan peramalan kualitatif permintaan berdasarkan jajak pendapat. Artikel
selanjutnya yang masih ada hubungannya dengan peramalan kualitatif adalah
peramalan dengan berdasarkan meminta perspektif luar negeri. Perusahaan dapat
meramalkan penjualannya melalui pendapat para pakar di dalam dan di luar
perusahaan. Ada beberapa teknik jajak pendapat untuk meramalkan permintaan.
1.
Jajak Pendapat
Eksekutif. Perusahaan dapat
mengumpulkan pendapat para manajer tingkat atas dari bagian penjualan,
produksi, keuangan, dan personalia mengenai pandangan mereka tentang masa depan
penjualan dari perusahaan selama kuartal atau tahun yang akan datang. Walaupun
pandangan-pandangan pribadi lebih banyak bersifat subjektif, namun dengan
mengambil rata-rata pendapat para pakar yang sangan mengenal perusahaan dan
produk-produknya, perusahaan berharap dapat sampai pada peramalan yang lebih
baik dari pendapat yang disampaikan ole para pakar tersebut secara individu.
Para pakar pemasar dari luar dapat juga dikumpulkan pendapatnya. Untuk
menghindari efek kereta atau bandwagon
effect (di mana pendapat beberapa pakar dipengaruhi oleh tokoh dominan
diantara mereka) maka dapat digunakan apa yang dinamakan dengan metode Delphi (Delphi Method). Di sini, para pakar
diminta pendapatnya secara terpisah, kemudian diberikan umpan balik tanpa
mengidentifikasi pakar yang bertanggung jawab atas pendapat tertentu. Melalui
prosedur umpan balik diharapkan para pakar dapat sampai kepada peramalan yang
disepakati.
2.
Jajak
pendapat tenaga penjualan. Ini adalah peramalan penjualan dari perusahaan
di tiap daerah pada setiap produk. Peramalan ini didasarkan pada pendapat
tenaga penjualan yang ditugaskan di lapangan oleh perusahaan. Mereka adalah
orang-orang yang paling dekat dengan pasar, dan pendapat mereka mengenai
menjual di masa mendatang dapat memberikan informasi berharga bagi manajemen
puncak perusahaan.
3.
Jajak
pendapat tentang keinginan konsumen. Beberapa perusahaan yang menjual
mobil, mebel, alat-alat rumah tangga, dan barang-barang tahan lama lainnya
kadang-kadang mengumpulkan pendapat para pembeli potensial mengenai apa yang
ingin dibeli. Dengan menggunakan hasil jajak pendapat itu, perusahaan dapat
meramalkan penjualannya secara nasional untuk tingkat yang berbeda-beda dari pendapat yang dikeluarkan konsumen yang
bisa disediakan pada masa depan.
Sumber : Dominick Salvatore. 2005. Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian Global edisi 5. Jakarta: Salemba Empat
Izin ya admin..:)
ReplyDeleteYuk dapatkan hadiah ny dengan modal 20rb saja sudah bisa menikmati semua permainan poker di ARENADOMINO loh yuk langsung saja.. WA +855 96 4967353