Peramalan kualitatif



Teknik-teknik kualitatif dapat pula bermanfaat untuk melengkapi peramalan kuantitatif yang mengantisipasi berbagai perubahan dalam selera konsumen atau harapan-harapan perusahaan mengenai kondisi perekonomian di masa mendatang.
Ada beberapa peramalan kualitatif yang dapat anda ketahui yaitu peramalan berdasarkan survei, jajak pendapat, dan meminta perspektif luar negeri.
Untuk kali ini kita akan membahas tentang peramalan berdasarkan teknik survei, dan jajak pendapat, dan meminta perspektif luar negeri akan dibahas pada kesempatan lain
Teknik Survei
Beberapa survei yang sangat terkenal yang digunakan untuk meramalkan kegiatan ekonomi pada umumnya dan kegiatan ekonomi di berbagai sektor perekonomian adalah
  1. Survei tentang pabrik dan para eksekutif bisnis dan perencanaan pengeluaran untuk perlengkapan. Survei ini dilakukan secara berkala oleh McGraw-Hill, Inc., Departemen Perdagangan AS, Securities and Exchange Commission (SEC), dan Dewan Konferensi Industri Nasional. Misalnya, survei McGraw-Hill menyangkut lebih dari 0 persen pembelajaran pabrik dan perlengkapan baru, dilakukan dua kali setahun, dan diterbitkan oleh Business Week (suatu terbitan McGraw-Hill). Survei Departemen Perdagangan bahkan lebih komprehensif, dilakukan setia kuartal dan diterbitkan oleh Survei of Current Business miliknya.
     
  2. Survei tentang rencana perubahan investasi dari harapan penjualan. Ini dilaksanakan secara berkala oleh Departemen Perdagangan, McGraw-Hill, Dun & Bradstreet, dan Asosiasi agen Pembeli Nasional, serta mereka melaporkan tentang rencana para eksekutif bisnis mengenai perubahan inventory dan harapan akan penjualan di masa mendatang.
     
  3. Survei tentang rencana pengeluaran konsumen. Ini dilaksanakan secara berkala oleh Biro Sensus dan Pusat Riset Survei Universitas Michigan, dan mereka melaporkan tentang keinginan konsumen untuk membeli produk –produk spesifik, termasuk rumah, peralatan konsumen, dan mobil. Hasilnya Sering dipakai untuk meramalkan permintaan konsumen pada umumnya dan tingkat kepercayaan konsumen dalam perekonomian.



Sumber  : Dominick Salvatore. 2005. Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian Global edisi 5. Jakarta: Salemba Empat

1 comment:

  1. Izin ya admin..:)
    Yuk dapatkan hadiah ny dengan modal 20rb saja sudah bisa menikmati semua permainan poker di ARENADOMINO loh yuk langsung saja.. WA +855 96 4967353

    ReplyDelete