Positioning Produk

Apakah Anda tau apa itu positioning produk dalam pemasaran?

Positoning produk menurut Sutisna adalah cara pemasar atau pelaku menanamkan citra, persepsi dan imajinasi atas suatu produk yang ditawarkan kepada konsumen atau target melalui proses komunikasi. Nah... positioning menurut Sutisna tidak hanya menempatkan produk saja pada kelompok tertentu atau segmen akan tetapi ada misi khusus yaitu berusaha menanamkan citra produk di benak konsumen target pada segmen yang telah dipilih.

Sementara menurut Renald Kasali, Positioning adalah Strategi komunikasi untuk memasuki jendela otak konsumen agar produk / merek / nama Anda mengandung arti tertentu yang dalam beberapa segi mencerminkan keunggulan terhadap produk / nama lain / merek dalam bentuk hubungan asosiatif.


Berdasarkan beberapa pengertian di atas menurut Rrenald Kasali ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  1. Positioning adalah strategi komunikasi
  2. Positioning bersifat dinamis
  3. Positioning berhubungan dengan kegiatan event marketing, karena berhubungan dengan citra di benak konsumen target, pemasar harus mengembangkan strategi market public relations melalui marketing yang dipilih  sesuai dengan karakter produk
  4. Positioning harus memberi arti penting bagi konsumen
  5. Atribut-atribut yang dipilih harus unik
  6. Positioning harus diungkapkan dalam bentuk suatu pernyataan.
 
Bagaimana cara positioning, berikut cara positioning menurut Renald Kasali yang bisa dilakukan 
  • Positioning berdasarkan perbedaan produk, marketer (pelaku) dapat menunjukkan kepada pasarnya di mana letak perbedaan produknya terhadap pesaing
  • Positioning berdasarkan manfaat produk, manfaat produk dapat diperlihatkan sebagai positioning sepanjang dianggap penting oleh konsumen. manfaat yang dimaksud dapat berupa manfaat ekonomis, fisik, dan emosional berhubungan dengan gambaran diri.
  • Positioning berdasarkan pemakaian produk, atribut-atribut produk yang diunggulkan, salah satunya adalah atribut pemakaian produk, misalkan pupuk organik yang menawarkan kembali ke alam yang antikimia.
  • Positioning berdasarkan kategeri produk, biasanya dilakukan oleh produk-produk baru yang muncul dalam satu kategori produk, misalkan sepeda motor Ho*da yang konsumen sudah  mengenal produk ini yang hemat BBM.
  • Positioning kepada pesaing, Misalkan Smartphone Opp* yang memposisikan diri sebagai camera phone dibanding lainnya
  • Positioning melalui imajinasi, merupakan hubungan asosiatif yang kita dapat menggunakan imajinasi produk berdasarkan tempatnya, pemakainya, situasi dan sebagainya.
  • Positioning berdasarkan masalah, biasanya digunakan oleh produk / jasa yang baru karena pada umumnya mereka datang untuk mengatasi dan meberikan solusi kepada konsumen.
Nah.. seperti itu sekirannya gambaran untuk positioning dalam pemasaran

Terima kasih

1 comment:

  1. Izin ya admin..:)
    Yuk dapatkan hadiah ny dengan modal 20rb saja sudah bisa menikmati semua permainan poker di ARENADOMINO loh yuk langsung saja.. WA +855 96 4967353

    ReplyDelete