Segmentasi Pasar

 


Anda pernah mendengar segmentasi pasar? Segmentasi merupakan pembagian suatu konsumen berdasarkan ciri-ciri tertentu. Menurut Kotler mendefinisikan segmentasi pasar adalah usaha pemisahan pasar pada kelompok -kelompok pembeli menurut jenis-jenis produk tertentu dan yang memerlukan bauran pemasaran tersendiri.


Segmentasi pasar juga terbagi menjadi beberapa

  1. Segmentasi pasar geografis, segmentasi pasar bedasarkan geografis perlu adanya pembagian pasar ke dalam unit geografis yang berbeda seperti negara, provinsi,wilayah, daerah, kota, desa
  2. Segmentasi pasar demografis, pembagian pasar ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan variabel-variabel demografi seperti usia, jenis kelamin, jumlah penduduk, jumlah tetangga.
  3. Segmentasi pasar psikografis, para pembeli dibagi ke dalam kelompok yang berbeda-beda berdasarkan kelas sosial, gaya hidup, dan ciri-ciri kepribadian.Orang yang dalam kelompok demografis yang sama dapat memperlihatkan profil psikografis yang sangat berbeda.
  4. Segmentasi pasar behavioristik (perilaku), dalam segmentasi behaviorlistrik para konsumen dibagi ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan atau tanggapan mereka konsumen terhadap sebuah produk

1 comment:

  1. Izin ya admin..:)
    Yuk dapatkan hadiah ny dengan modal 20rb saja sudah bisa menikmati semua permainan poker di ARENADOMINO loh yuk langsung saja.. WA +855 96 4967353

    ReplyDelete