Perbedaan Pemasaran dan Penjualan


Jangan salah, ternyata pemasaran dan penjualan itu memiliki arti yang berbeda, berikut perbedaan yang Anda perlu tahu


Pengertian Pemasaran

Pemasaran memiliki aktivitas yang luas tidak hanya proses menjual barang, melainkan segala aktivitas yang berhubungan dengan arus barang sejak awal dibuat dari tangan produsen samapi ke tangan konsumen akhir. Pemasaran meliputi berbagai aktivitas seperti saluran distribusi, produk, periklanan, seni menjual, promosi penjualan, penympanan dan pergundangan produk, transportasi, dan masih banyak lagi.
Dalam bukunya Danang Sunyoto (2014) menjabarkan beberapa pendapat para ahli. Pertama, Menurut William J. Station (2007) pemasaran adalah suatu system total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi, dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

Pendapat kedua dari Philip Kotler (2008) mengatakan bahwa pemasaran adalah proses social dan manajerial dimana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai.

Sedangkan yang ketiga, menurut Basu Swastha DH (2005) pemasaran adalah keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang, jasa, ide kepada pasar sasaran agar mencapai tujuan organisasi system keseluruhan.

Kegiatan pemasaran meliputi

  1. Ditekankan pada keinginan pelanggan
  2. Perusahaan pertama-tama menentukan apa yang diinginkan konsumen dan kemudian membuat atau mencari jalan keluarnya bagaimana membuat dan menyerahkan produk untuk memenuhi keinginan konsumen
  3. Manajemen berorientasi ke laba usaha
  4. Perencanaan berorientasi ke hasil jangka panjang, berdasarkan produk-produk baru, pasar esok dan pertumbuhan yang akan dating
  5. Ditekankan pada keinginan pembeli.


Pengertian Penjualan


Penjualan merupakan salah satu kegiatan dari pemasaran. Terjadinya penjualan dapat terjadi ketika proses pertukaran barang dan jasa antara penjual dan pembeli. Menurut Basu Swastha (2005) Menjual adalah seni dan ilmu mempengaruhi peribadi yang dilakukan oleh penjual untuk mengajak orang lain agar bersedia membeli barang atau jasa yang ditawarkan.


Kegiatan penjualan meliputi berbagai aktivitas seperti berikut
  1. Ditekankan pada produk
  2. Perusahaan pertama-tama membuat produk dan bagaimana menjualnya
  3. Manajemen berorientasi pada laba volume penjualan
  4. Perencanaan berorientasi jangka pendek berdasarkan produk dan pasar
  5. Tekanannya pada kebuthan penjual
  6. Orang yang melakukan penjualan dituntut untuk memiliki bakat seni dan keahlian untuk mempengarui orang lain.

Jadi, bias dibilang bahwa penjualan itu berada di dalam aktivitas pemasaran. Mereka saling berhubungan satu dengan yang lainnya akan tetapi memiliki definisi yang berbeda, kekadang Kita salah dalam mengartikannya.

Terima Kasih

1 comment:

  1. Izin ya admin..:)
    Yuk dapatkan hadiah ny dengan modal 20rb saja sudah bisa menikmati semua permainan poker di ARENADOMINO loh yuk langsung saja.. WA +855 96 4967353

    ReplyDelete