Sehelai Pakaian Hitam dalam buku Malam Terakhir karya Laila S Chudori

Buku

Malam Terakhir

Leila S Chudori

Kumpulan cerpen karya Laila S Chudori diawalai dengan cerita Paris, Juni 1988. Mungkin lebih banyak mengenal Laila S Chudori dengan bukunya Laut bercerita yang menceritakan kisah-kisah ditahun 1998an dan konflik dimasa itu yang sumber inspirasinya dari pengalaman seseorang.

Untuk saat ini saya baru membaca dan ini isi buku MalamTerakhir dan pendapat saya

 

Sehelai Pakaian Hitam

Kisah seorang laki-laki Hamdani yang digambarkan sebagai lelaki yang menjadi panutan tokoh masyarakat, yang setiap garak langkahnya adalah cerminan dari keinginan masyarakat dengan orang penuh kebaikan. Disisi yang lain di menginginkan kebebasanya yang bisa melakukan sesuatu tanpa pengaruh dari orang lain.

Diceritakan bahwa Hamdani telah meninggal bundir. Entah sebab dorongan dan cara yang dilakukan tidak diceritakan. Teman perempuannya yang ada di makan Hamdani dan mengenang masa hidup Hamdani. Menceritakan semua dan riwayat dia di gundukan tanah makam dia.

DIgambarkan kehidupan Hamdani yang selalu ditampilkan mengenakan pakaian putih bersih tanpa noda untuk menggambarkan kehidupannya. Sedangkan Hamdani adalah manusia yang juga memiliki noda. Pakaian putih dan hitam dipakai secara bergantian, tidak dipakai dengan bersamaan penuh keterbukaan.

Kesan

Menjadi diri sendiri dan memiliki ruang sendiri diperlukan bagi manusia untuk berkembang dan tumbuh.

Apa yang dikatakan orang lain tidak sepenuhnya benar dan tidak salah juga, sehingga perlu membatasi diri

TIdak dibenarkan bundir menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan hidup

0 komentar:

Post a Comment