Air Suci Sita dalam buku Malam Terakhir karya Laila S Chudori

 

Buku

Malam Terakhir

Leila S Chudori

Kumpulan cerpen karya Laila S Chudori diawalai dengan cerita Paris, Juni 1988. Mungkin lebih banyak mengenal Laila S Chudori dengan bukunya Laut bercerita yang menceritakan kisah-kisah ditahun 1998an dan konflik dimasa itu yang sumber inspirasinya dari pengalaman seseorang.

Untuk saat ini saya baru membaca dan ini isi buku MalamTerakhir dan pendapat saya

Air Suci Sita

Barlatarkan sebuah apartemen yang dihuni oleh seorang perempuan yang sudah bertunangan dengan pasangannya selama empat tahun.

Digambarkan juga keadaan si perempuan ini diculik oleh sang raja ber muka sepuluh yang menginginkan kesucian si perempuan. Ketegunan dan kesetiaan si perempuan terhadap tunangannya sehingga sang raja tidak dapat memiliki hati si perempuan.

Kemudian cerita dikembalikan ke latar apartemen, si Perempuan selalu merasa kegerahan, seingga sering mandi yang lama di kamar mandi dikarenakan juga karena perkara kesetiaan dan kesuciaannya dalam benaknya.

Tetangga nenek sebelah mendengar dan mengetahui kebiasaan si perempuan dengan mandi yang lama, dan menanyakan kabar dari tuangannya. Diceritakan tunangan akan datang ke apartemen tersebut.

Sesampainya si tunangan tersebut ditemuinya si perempuan dalam keadaan dingin dan jari yang berkeriput karena terlalu lama mandi , dan si perempuan masih merasa kepanasan. Didampingi dan diperiksa jika demam dan dihangatkannya.

Dalam waktu tersebut diceritakanlah si tunangan menjabarkan dengan jujur dosan dan kelakuan selama empat tahun tunangan dan terpisah jarak dengan si perempuan, serta pengakuan si tunangan akan kesetiaan dan kesucian si perempuan yang luar biasa. Padahal tidak diberikannya pertanyaan soal tersebut kepada tunangannya.

Bagi Saya

Kesetiaan si perempuan dalam menjaga kesucian dan kesetiaan dia patutu di tiru dan dihargai dihormati

Kejujuran tunangan juga menjadi pengakuan dosa dan kejentelan yang baik yang bisa membuka kemungkinan yang lain

Alur cerita yang tiba-tiba berubah agak sulit untuk dipahami bagi saya

0 komentar:

Post a Comment